BAB 11
PERANAN KOPERASI
Peranan
koperasi di berbagai keadaan pesaiang :
1.
Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect
competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
– Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
– Produk yang dijual perusahaan
adalah sejenis (homogen)
– Perusahaan bebas untuk mesuk
dan keluar
– Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
2.
Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya :
-
Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-
Produk
yang dihasilkan tidak homogeny
-
Ada
produk substitusinya
-
Keluar
atau masuk ke industri relatif mudah
-
Harga
produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya
3. Peranan Koperasi di
Pasar Monopsoni
Monopsoni adalah
keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi
pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
Komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi
didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga
posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.
Salah satu contoh
monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia.
Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu,
semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI. Apabila seorang pengusaha
membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha
lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor
produksi itu.
4.
Peranan Koperasi di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur
pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam
pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
SUMBER
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar