Kamis, 22 November 2012

PERANAN KOPERASI


BAB 11
PERANAN KOPERASI

Peranan koperasi di berbagai keadaan pesaiang :
    
     1.  Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
  Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
         – Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak 
         – Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
         – Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
         – Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
    
    2.  Koperasi dalam Pasar Monopolistik
  Ciri-cirinya :
-      Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-      Produk yang dihasilkan tidak homogeny
-      Ada produk substitusinya
-      Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
-      Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya

    3.  Peranan Koperasi di Pasar Monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.

Komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan  potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.

Salah satu contoh  monopsoni  juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI. Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.

  4.  Peranan Koperasi di Pasar Oligopoli 
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada  beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar

Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar